AGROWISATA: MENGAJARKAN ANAK-ANAK MENGENAL ALAM SEMENJAK DINI

Jika kita memperhatikan perilaku sebagian besar masyarakat kita dewasa ini, nampak sekali bahwa kepedulian, apalagi mencintai alam dan lingkungan sangatlah rendah. Oleh karena itu tidak mengherankan bila perusakan alam dan lingkungan sangat marak. Akibatnya kita mulai merasakan polusi udara dan air, penggundulan hutan dan penebangan pohon semena-mena, banjir dan tanah longsor di musim hujan, tapi sebaliknya panas dan kekeringan di musim kemarau.

Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah  Indonesia bahkan dunia internasional, kini giat melancarkan gerakan cinta lingkungan, menanam pohon serta berbagai kegiatan yang dikenal sebagai “go green”.

Dalam rangka mengajarkan anak-anak mencintai alam dan lingkungan, Sekolah Taman-Taman Kanak Immanuel, Sukabumi, pada hari Sabtu 17 November 2012, membawa 45 orang muridnya beragrowisata ke Bumi Mandiri Center, Situgunung, Sukabumi. Di BMC ini anak-anak diajak mengenal asal-usul makanan pokoknya yaitu nasi. Mereka diajak membajak sawah, menanam padi dan menumbuk padi serta menampinya menjadi beras. Selanjutnya mereka diajak ke “green house” untuk mencoba menanam tanaman hias dalam poly-bag.

Sudah barang tentu suasana menjadi seru, anak-anak yang tumbuh di perkotaan, diajak turun ke sawah bermain lumpur. Para orang tua yang mendampingi anak-anak mereka, semula tak membayangkan anak-anaknya berani melakukan itu semua. Apalagi sesudah itu juga meluncur dengan flying fox sepanjang 120 meter melintasi sungai Situgunung. Bahkan pada awalnya, wajar sekali mereka was-was. Namun setelah para Komandan, demikian sebutan untuk para pemandu, menunjukkan pengamanan berlapis termasuk 2 (dua) jalur sling untuk meluncur dan pengamanan tambahan, para guru dan orang tua menjadi lega.

Di akhir kegiatan, Kepala Sekolah TK Immanuel, Ibu Veronika menyampaikan rasa puasnya atas antusiasme anak-anak muridnya. Semoga mereka tumbuh menjadi pecinta alam dan lingkungan, yang akan dapat menjaga bumi dan lingkungan kehidupannya di masa depan.

Posted on November 23, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: