OUTBOUND DI SUKABUMI

Bumi Mandiri Center (BMC) di kaki gunung kembar Gede-Pangrango sudah belasan tahun menjadi tempat pelatihan, kegiatan liburan dan rekreasi orang-orang kota besar.

Dengan luas sekitar 13 ha, gabungan antara kebun pohon buah dan sayur, sawah, green house, kolam-kolam ikan, kandang ternak, camping ground, fasilitas outbound , sungai jernih, dengan udara pegunungan yang sejuk, BMC menjadi tempat pelatihan, sekaligus berlibur yang menyenangkan. Di tengah suasana pedesaan yang tenang, sudah ratusan ribu pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, pegawai negeri, dan berbagai kelompok masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya menjadikan BMC sebagai ajang pelatihan dan penyegaran, sekaligus rekreasi. Berbagai sekolah internasional di Jakarta dan Bandung dengan pelajar berbagai bangsa juga sering melakukan kegiatan di BMC ditambah berarung jeram di sungai Cicatih., Citarik, atau menelusuri gua Buni Ayu.

BMC, yang terletak di pinggir jalan raya Cisaat-Situgunung, Sukabumi, memang menyediakan program-program pelatihan leadership, team building, pengembangan karakter dan motivasi diri, pelatihan pertanian, dan program pendidikan lingkungan hidup..Di kompleks BMC orang-orang kota bisa belajar menghayati kehidupan pedesaan, belajar membajak sawah, menanam dan memanen padi, memanen buah dan sayur, membuat gula kelapa, memerah susu sapi bahkan menumbuk sendiri padi menjadi beras. Tamu juga bisa belajar menanam dan merawat aneka bunga dan tanaman hias. Sebagian lagi tamu memilih menikmati nostalgia pulang kampung, mandi di sungai Cigunung yang jernih dan dingin, mengalir membelah kompleks BMC, atau mandi pacuran bambu, menemukan kesegaran dari pijatan air pegunungan.

Dengan kontur alam yang berbukit dan berlembah, serta semak belukar dan rumpun-rumpun bambu serta daerah aliran sungai yang masih alami, kompleks BMC juga sering dijadikan lokasi perang-perangan paintball yang mengasyikkan.

Sebagai tempat pelatihan dan rekreasi, BMC juga berusaha memberikan pengalaman kuliner yang mengesankan bagi para tamu. Di sini tamu bisa menikmati aneka hidangan tradisional hasil kebun, dan aneka menu khas bagian dari wisata kuliner seperti nasi bakar, bubur ayam, dan sayur asam khas BMC serta berbagai hidangan yang pas untuk memanjakan lidah dan perut di tengah alam pegunungan yang sejuk…

Jambore Hijau

Mengisi liburan sekolah Juni ini, BMC menyelenggarakan Jambore Hijau dengan tema Save Our Green World, Selamatkan Bumi Kita yang Hijau. Jambore yang yang diprogramkan untuk kaum remaja ini diharapkan dapat mengembangkan rasa kebersamaan, sportivitas, kemandirian, memberi pengetahuan, pengalaman dan minat baru, dan memperluas wawasan tentang kehidupan yang ramah lingkungan dan kesadaran menjaga kelestarian alam.

Kegiatan Jambore Hijau antara lain Go Green Activities meliputi penelitian bio indikator air, meneliti jasad renik dalam air sungai untuk memastikan kualitas air ( masih bagus ataukah sudah mulai tercemar); membuat bio briket , membuat briket arang dengan bahan sampah dapur dan limba kebun; mendaur ulang kertas bekas; bio pestisida, belajar merawat tanaman dengan pestisida buatan dari bahan alami yang banyak terdapat di sekitar lingkungan. Peserta dibekali pengetahuan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan kimia yang akhirnya mencemari lingkungan, berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kegitan lain, Ekspedisi Hijau, bersama-sama menanam pohon di lahan-lahan kritis sekitar lingkungan BMC. Malam hari diisi dengan menikmati dan berpartisipasi dalam kesenian tradisional Sunda, bersafari malam, berkeliling kompleks BMC dengan dan api unggun. Safari malam menikmati suasana pedesaan yang tenang diiringi musik alam suara kodok bersahutan, jerit jangkrik dan aneka serangga malam, dan gemericik sungai Cigunung. Acara api unggun juga akan menyemarakkan dan menghangatkan malam pegunungan yang makin malam makin dingin.

Kegiatan yang lebih menantang antara laiun flying fox melintasi sungai Cigunung, rappelling di tebing sungai, rakit race, lomba rakit di danau. Peserta jambore juga berkesempatan menikmati berbagai permainan di air menggunakan ban-ban dalam mobil.

Posted on November 15, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: